Sebelum Menerbangan Pesawat, Pilot Harus….

Profesi menjadi pilot menjadi salah satu profesi yang diminati oleh banyak orang, selain dengan berpenghasilan yang tinggi, menjadi pilot juga menjadi profesi yang membangakan. Namun, dibalik itu semua sebagai seorang pilot memiliki tanggung jawab yang besar dengan pekerjaan yang dilakukannya. Untuk itu, menjadi seorang pilot harus memiliki keterampilan yang perlu untuk dipelajari dengan sunggung-sungguh. Hal ini dikarenakan menjadi seorang pilot tidak hanya dituntut untuk menerbangkan pesawat semata. Namun, semua penumpang yang ada di dalam pesawat menjadi tanggung jawab dari seorang pilot. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang pilot bukan hal yang mudah karena berapa rangkaian tes harus diikuti. Tidak sedikit juga orang yang ingin menjadi pilot mengalami gagal karena tes yang diikuti tidak berhasil. Dengan besarnya tanggung jawab yang diemban oleh seorang pilot, maka dari itu pilot harus lebih cermat dan teliti sebelum melakukan penerbangan. Adapun yang harus dilakukan oleh seorang pilot sebelum memutuskan untuk menerbangkan pesawat, yaitu harus melakukan hal-hal ini terlebih dahulu.

Cek kesehatan

Pertama yang harus dilakukan oleh pilot sebelum memutuskan untuk menerbangan pesawat adalah melakukan pengecekan terlebih dahulu. Cek yang harus dilakukan oleh seorang pilot adalah cek kesehatan. Kesehatan merupakan hal yang terpenting untuk diketahui oleh pilot. Apakah pilot layak untuk terbang atau tidak? Jika pilot dalam kondisi yang tidak memungkinkan, pilot tidak diberbolehkan untuk terbang. Adapun kesehatan yang harus dicek oleh seorang pilot adalah mata, tekanan darah, penyakit yang ada di dalam, dan lain sebagainya. Pilot juga tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat 1 atau 2 jam saat ingin melakukan penerbangan. Jika pilot ketahuan habis minuma obat, maka tidak layak untuk menerbangkan pesawat sehingga akan dicarikan penganti pilot lain.

Cek semua Penumpang

Pilot tidak hanya melakukan pengecekan atas dirinya sendiri, tapi pilot juga harus mengecek para penumpang yang ada sebelum melakukan penerbangan. Untuk mengecek semua penumpang, pilot akan dibantu oleh seorang pramugari yang bertugas di dalam pesawat. Pilot dan pramugari harus memastikan bahwa tidak ada penumpang yang masih di dalam toilet atau juga yang menghidupkan Hp ketika pesawat akan melakukan penerbangan. Pastikan juga bahwa penumpang telah mematikan telepon genggam dan juga menggunakan sabuk pengaman. Jika masih ada salah satu penumpang yang masih menghidupkan telepon genggam, maka ini dapat mempengaruhi penerbangan. Bagi Anda yang berminat untuk menjadi seorang pilot, Anda harus terapkan diri untuk mengecek semua penumpang. Mengingat penumpang merupakan tanggung jawab dari seorang pilot dan kru yang ada di pesawat.

Cek kondisi pesawat

Tak kalah pentignya lagi yang harus dicek oleh seorang pilot adalah kondisi pesawat. Mungkin saja telah ada tenaga kerja sendiri yang memiliki peran untuk memperiksa kondisi pesawat, sebelum pesawat terbang. Namun, tidak ada salahnya sebagai seorang pilot, Anda harus mengecek ulang kondisi pesawat sebelum pesawat diterbangkan. Adapun kondisi pesawat yang harus Anda cek, seperti mesin pesawat, sayap, bahan bakar, pintu pesawar, pengaman, dan lain sebagainya. Kesiapan dari kondisi pesawat memiliki peran penting untuk keselamatan dunia penerbangan dan semua penumpang yang ada di pesawat.

Pilot tidak boleh mengabaikan hal-hal yang dapat menjadi pemicu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya tidak boleh mengabaikan info dari menara ATC. Karena, untuk mendapatkan informasi penerbangan, pilot harus mengikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas di menara ATC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *